ESSAY TOLERANSI


ESSAY
Tentang Toleransi dan Perbedaan
“Di Susun Untuk Memenuhi Persyaratan Pelatihan Kepemimpinan Anak Muda Inklusif”.
Oleh: Aji Santosa
A.    PENDAHULUAN
Indonesia merupakan negara yang sangat kaya raya akan keberagamannya, banyak pulau-pulau, daratan dan lautan indoneisa pun terbesar, bahkan indonesia disebut sebagai negara maritim yang kuat. Juga disebut sebagai negara yang memilki budaya yang melimpah ruah, tidak hanya itu kekayaan alam juga sangat melimpah, maka dari itu sebagai warga negara indonesia kita harus bangga akan hal ini. Keadaan negeri kita ini setiap harinya selalu dilucuti kebaikannya sehingga yang terlihat hanyalah keburukannya satu per satu, yaitu kebanyakan masyarakat umum dijejali dengan banyaknya berita yang beraneka ragam, mulai dari lemahnya penegakan hukum Indonesia, ekonomi nasional yang melemah hingga dengan ketimpangan-ketimpangan yang begitu terlihat antara si kaya dan si miskin terjadi di masyarakat. Banyak sekali permasalahan-permasalahan yang harus di hadapi oleh bangsa ini, sampai detik ini Indonesia masih membedakan kelompok agama minoritas dan mayoritas. Disaat negara-negara lain sudah bisa maju dan berkembang indonesia masih memperebutkan tahta atau kekuasan, masih mempermasalahkan kelompok agama minoritas dan mayoritas, oleh karena itu indonesia sekarang masih belum bisa menjadi negara yang maju. Peristiwa setiap harinya di negeri ini seakan-akan dibuat permainan oleh pejabat tinggi, kelompok mereka dengan enaknya mempermainkan hukum di indonesia. Maka dari itu, untuk bisa menjadikan indonesia aman, damai penuh kasih sayang perlu adanya sebuah toleransi dalam hal beragaama, hadirnya toleransi dalam kehidupan bangsa ini pada kenyataannya akan membawa indonesia lebih baik.





I


B.     ISI
Toleransi sendiri adalah menghargai perbedaan dan kemampuan untuk hidup dan membiarkan orang lain hidup dengan hidupnya. Toleransi merupakan kemampuan untuk memberikan sikap yang objektif dan adil pada pendapat, prilaku, ras, dan agama yang berbeda. Bukan hanya sekedar tidak memperdulikan perbedaan, toleransi lebih mengarahkan manusia untuk menunjukan rasa hormat pada perbedaan tiap tiap manusia. Lalu apa sih mengenai perbedaan  yang sering sekali kita dengar, baca, di seluruh pelosok negeri pasti tau akan mengenai hal tentang perbedaan. Apa sih perbedaan itu? Perihal yang berbeda, perihal yang membuat berbeda, itulah indonesia yang memiliki perbedaan dalam hal beragama. Meskipun ada beberapa kelompok yang menganggap perbedaan itu seperti musuhnya sendiri, ada segelintir orang yang membenci perbedaan agama, banyak cara dan aksi yang mereka lakukan untuk bisa menghancurkan perbedaan agama  di negeri ini, mereka tidak mau tau tentang perbedaan agama di negeri  ini. Sesungguhnya, perbedaan beragama ini bisa menjadi potensi untuk membuat atau menjadikan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang lebih terdepan lagi dalam hal keberagamaan maka dari itu dengan toleransi ini kita bisa mewujudkan indonesia yang aman, cinta damai dan penuh kasih sayang. Sejarah mengatakan, indonesia bisa merdeka bukan hanya karena satu agama saja tetapi banyak agama yang saling merangkul bekerja sama untuk bisa memerdekakan bangsa ini, bukan hanya berasal dari satu suku saja indonesia bisa merdeka tetapi banyak suku yang saling bergotong royong menjunjung tinggi kekuatan untuk memerdekakan bangsa ini. Mengenai kebergamaan  di negeri ini, setiap manusia lahir dengan agama yang berbeda, doa’-do’a yang dipanjatkan juga berbeda, tuhannya pun berbeda, aliran alirannya pun berbeda Mereka akan indah jika disatukan dalam sebuah wadah yang saling menghargai akan perbedaan,saling menghormati satu agam dengan agama yang lain. Dengan adanya toleransi dalam hal beragama, kita bisa menciptakan sebuah perdamaian dunia, oleh karena itu sebagai generasi muda Generasi muda Indonesia sudah sepantasnya memaklumi perbedaan agama di negeri ini, dengan belajar memaklumi para generasi muda Indonesia bisa belajar mencintai negara tercinta ini dan bisa menghormati agama yang lain. Generasi muda Indonesia lahir di tanah negara yang sama, di tanah negara Indonesia. Memang benar perbedaan agama dan keberagaman di Indonesia layaknya lumpur. Lumpur yang terbentuk dari kubangan tanah dan kubangan air. Lumpur ini layaknya perbedaan agama dan keberagaman yang banyak terdapat di Indonesia. Tapi para generasi muda Indonesia harus tahu bahwa dengan lumpur inilah yang mampu merekatkan para generasi muda sebagai rakyat Indonesia untuk terus hidup berdampingan selamanya.  Belajar mencintai perbedaan yang kotor ini, maka generasi muda Indonesia belajar mencintai Negara Indonesia indah ini dan akan mampu menghadapai perbedaan dan keberagaman di Indonesia yang bagaikan bom waktu yang dapat meledak setiap saat.
C.    PENUTUP
Maka dari itu Indonesia sangat membutuhkan Generasi muda sebagai penerus bangsa ini, mereka adalah harapan bangsa, aset bangsa yang akan menjadi seorang pemimpin cerdas di indonesia ini, ketika negara-negara lain yang sudah maju, maka para pemuda generasi emaslah yang akan menjadikan nama indonesia melambung tinggi di udara dan akan tercapai  cita-cita yang indah untuk bangsa indoneisa. Maka dari itu, para pemuda generasi emas ini perlu dibekali dengan pendidikan yang baik dan kuat, supaya bisa tumbuh menjadi pemuda yang tangguh, ,cerdas, kritis, sosialis, religius, santun dan berakhlak mulia dan sebagainya.
Oleh karena itu menjaga toleransi di indonesia sangatlah penting, untuk bisa memajukan negeri ini. Ditangan para pemuda lah masa depan indonesia yang sesungguhnya. Sudah wajib bagi kita kaum gnerasi muda untuk bisa mengajak teman-teman kita dalam menjaga toleransi  beragama di indonesia ini.
Salam cerdas ! NKRI harga mati ! Pancasila Jaya !


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK

Contoh MATERI KE NU- AN (latihan Kader Muda Ipnu-Ippnu)

MAKALAH TAWADHU DAN TAKWA