Contoh MATERI KE NU- AN (latihan Kader Muda Ipnu-Ippnu)


Ke NU-an

Pokok Bahasan :
1.   Sejarah kelahiran NU dan perkembangannya
2.  Sejarah berdirinya NU lokal
3.  Bentuk dan sistem organisasi NU ( tujuan, struktur organisasi dan perangkat organisasi )
4.  Pengertian dan kedudukan ulama dalam NU
5.  Faktor – faktor dominan NU yaitu faktor kepemimpinan dan keanggotaan NU serta faktor keagamaan NU
Tujuan :
1.   Memahami sejarah dan perkembangan baik nasional maupun lokal
2.  Memahami bentuk dan sistem organisasi NU
3.  Memahami kedudukan Ulama dalam NU
4.  Memahamai faktor dominan NU baik faktor kepemimpinan, keanggotaan serta faktor keagamaan


Sejaran NU

Sesungguhnya pendorong berdirinya NU oleh para ulama dan kaum pesantren adalah semakin meningkatnya kesadaran akan pentingnya kerjasama yang lebih teratur antara mereka didalam memperjuangkan izzul islam wal mukminin dalam bingkai ahlusunah waljamaah.
Dorongan kerjasama ini dipicu oleh peristiwa “Konferensi Khilafah” yang diadakan oleh permeritah Saudi Arabia, sebab setelah selesai perang dunia ke- 2 dan Kesultanan Turki diakui sebagai khilafah islamiyah jatuh karena revolusi yang dipimpina oleh Kamal Atatruk rupanya Pemerintah Saudi Arabia berambisi untuk memangku “Khilafah Turki” tersebut. Maka dirancanglah Konperensi International Khilafah Islamiyah di Mekkah dan diundanglah perwakilan – perwakilan Negara-negara islam, termasuk Indonesia. Di Indinesia sudah terbentuk sebuah Komite (panitia) untuk mengirim utusan kesana, termasuk KH. Wahab Hasbullah sebagai perwakilan Ulama serta beberapa tokoh-tokoh lain yang mewakili organisasi besar Islam Indonesia.
Dengan alasan yang kurang maton susunan Anggota Komite berubah, KH. Wahab Hasbullah tidak jadi masuk menjadi anggota delegasi, karena tidak “mewakili organisasi” apapun, secara tidak langsung ini sebuah penghinaan terhadap ulama pesantren yang sesungguhnya besar pengaruhnya dan posisinya terhadap umat Islam di Indonesia.
Karena kemungkinan bergabung dengan delegasi umat Islam Indonesia sudah tertutup, maka para Ulama berusaha dengan kekuatan sendiri untuk mengirim delegasi Ulama Ahlu sunnah wal jamaah Indonesia menghadap Pemerintah Saudi Arabia. Untuk keperluan itu maka dibentuklah “Komite Hijaz” sebuah panitia untuk memobilisasi kekuatan dan dukungan umat bagi terlaksananya kerja besar ini.
Segala kebutuhan dapat disapkan meskipun dalam keadaan pas-pasan. Delegasinya hanya KH. Wahab Hasbullah sendiri, seorang penasehat dari Mesir yaitu Syekh Ghonaim (untuk memperbesar wibawa delegasi)sekretarisnya diambilkan dari mahsantri Indonesia yang ada di Arab Saudi, yaitu KH. Dachlan dari Nganjuk (untuk menhemat dana) ketika delegasi akan berangkat, berbisik pikiran untuk “mempermanenkan” KOmite Hijaz itu untuk menjadi organisasi yang tetap, yaitu Nahdlatul Ulama.
Jamiyah Nahdlatul Ulama didirikan di surabaya pada tanggal 6 rojab 1344 H bertepatan dengan 31 Januari 1926 M, dengan pendirinya antara lain : KH. Hasyim As’ari, KH. Wahab Hasbullah, KH. Bisri Samsuri, KH. Ridwan Abdullah, KH. Mas Alwi Abdul Azizi dan lain – lain.
Tujuan, Struktur dan Perangkat Nahdlatul Ulama
Tujuan Nahdlatul Ulama adalah berlakunya ajaran islam menurut Faham Ahlu sunah wal jamaah dan menganut salah satu madzhabempat, ditengah-tengah kehidupan masyarakat didalam wadah Negara kesatuan Republik Indonesia (AD NU Bab IV pasal 5).
Struktur organisasi Nahdlatul Ulama adalah :
*        Pengurus Besar di Jakarta
*        Pengurus Wilayah Di Provinsi
*        Pengurus Cabang di Kota/Kabupaten
*        Pengurus Majlis Wakil Cabang di Kecamatan
*        Pengurus Ranting di Desa atau Kabupaten
Perangkat organisasi Nahdlatul Ulama :
·           Lembaga adalah perangkat departemenisasi organisasi Nahdlatul Ulama yang berfungsi sebagai pelaksana kebijakan Nahdlatul Ulama, khususnya yang berkaitan dengan suatu bidang tertentu.
·           Lajnah adalah perangkat organisasi Nahdlatul Ulama untuk melaksanakan program Nahdlatul Ulama menangani penanganan khusus
·           Badan Otonom adalah perangkat organisasi Nahdlatul Ulama yang befungsi membantu malaksanakan kebijakan Nahdlatul Ulama khususnya yang berkaitan dengan kelompok masyarakat tertentu yang beranggotakan perseorangan.

Posisi dan Fungsi Ulama dalam NU
Sebagaimana pada alinia 2 butir  mukoddimah Khittoh NU di sebutkan : Nahdlatul Ulama sebagai jamiyah Diniyah adalah wadah bagi ulama dan pengiakut-pengikutnya yang didirikan pada 16 rojab 1344 H/31 Januari 1926 M, dengan tujuan untuk memelihara, melestarikan, mengembangkan dan mengamalkan ajaran islam berhaluan ahlusunnah wal jamaah dan menganut salahsatu madzhab empat masing-masing : Imam Abu Hanifah An Nu’man, Imam Malik bin Anas, Imam Muhammad bin Idris Asy Syafi’I, dan Imam Ahmad Bin Hmabal, serta untuk mempersatukan langkahpara ulama dan pengikutnya dalam melakukan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk kemaslakhatan masyarakat, kemajuan bangsa dan ketinggian harkat dan martabat manusia.
Dasar – dasar faham keagamaan NU
·           Sumber – sumber ajaran Islam diambil dari :
ü  Al – Qur’an
ü  Al – Hadist
ü  Al Ijma’
ü  Al Qiyas
·           Menggunakan system bermadzhab :
ü Aqidah : Aswajah sebagaimana dipelopori oleh Imam Asy’ari dan Imam Maturidi
ü Fiqh : salah madzhab empat : Hanafi, maliki, Syafi’I dan Hambali
ü Tashawwuf : Imam Junaid Al Bagdadi, Imam Ghozali dan lain – lain


MENGENAL AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH

Pokok bahasan :
1.      Pengertian dan dalil yang menjadi rujukan aswaja
2.     Prinsip – prinsip sikap islam aswaja ( yaitu tawasuth, tawazun, I'tidal dan amar ma'ruf nahi munkar )
3.     Sejarah kelahiran aswaja dan perkembangannya di Indonesia
4.     Memahami peran ulama dalam perkembangan Islam di Indonesia

Tujuan :
1.     Memahami dalil – dalil yang menjadi rujukan dalam aswaja
2.    Memahami prinsip – prinsip sikap Islam aswaja dan sejarah kelahiran serta perkembangan aswaja di Indonesia
3.    Memahami peran ulama' dalam perkembangan Islam di Indonesia


A.  PENGERTIAN AHLU SUNNAH WAL JAMA’AH

Kalimat ahlusunnah wal jamaah berasal adari bahasa Arab yang terdiri dari 3 kata yaitu :
-      Ahlun artinya : golongan, keluarga, kelompok
-      Assunah artinya sesuatu yang berasal dari Rosululloh baik berupa perkataan (qoulunnabi), perbuatan (fi’lunnabi), Ketetapan Nabi (taqrirunnabi)
-      Aljama’ah artinya jamatus shohabah, Khullafaur Rosyidin, Assawadul ‘adhom (golongan mayoritas islam).
Jadi pengertian Ahlusunnah wal jamaah ialah golongan pengikut setia ajaran islam yang murni sebagaimana diajarkan dan diamalkan oleh Rosulloh beserta para shahabatnya.

B.  ASAL MULA ISTILAH AHLUSUNNAH WAL JAMA’AH

Istilah Ahlu Sunah Wal Jama’ah dengan pengertian diatas berasal dari Hadist Rosululloh SAW yang diriwayatkan oleh imam Tabrani sebagai berikut :
Artinya : “telah terpecah belah umat Yahudi atas 71 golongan dan telah terpecah belah umat Nasrani atas 72 golongan dan akan terpecah belah umatku menjadi 73 golongan, yang selamat diantara mereka hanya satu, sedangkan sisanya binasa”. Sahabat bertanya : “siapakah yang yang selamat itu ?” Nabi menjawab ?: “Ahlu Sunnah Wal Jama’ah” sahabat bertanya lagi : Apakah ahlu sunah waljamaah itu?” Nabi menjawab: “apa yang aku perbuat hari ini dan para shabatku”.



C.   LATAR BELAKANG KELAHIRAN AHLUSUNNAH  WAL JAMA’AH
Pada jaman rosullullah tidak pernah terjadi perbedaan pendapat dikalangan umat islam karena semua masalah dapat ditanyakan pada Nabi dan langsung mendapat jawaban dari Nabi, jaman khulafaurrosyidin (11 H – 14 H) mulai timbul sedikit perbedaan pendapat yang pada umumnya menyangkut masalah hukum rumah tangga seperti perkawinan, perceraian dan masalah waris.
Perpecahan dikalangan ummat Islam mulai timbul pada akhir Pemerintah Usman bin Affan karena termakan propaganda Abdullah bin Saba’ seorang pendeta Yahudi dari Yaman yang mengaku masuk Islam dan berhasil mempengaruhi pendukung Ali bin Abi Tholib melahirkan golongan Syiah.
Pada tahun 37 H terjadilah perang shiffin antara Ali dan Muawiyah yang diakhir dengan majlis tahkim. Kelompok Ali yang tidak setuju dengan majlis tahkim memisahkan diri dari Ali dan mendirikan golongan khowarij, mereka memandang bahwa pelaku majlis tahkim hukumnya kafir.
Selain itu muncul golongan Murjiah dipimpin Hasan bin Hilal al Muzni yang berfatwa bahwa perbuatan maksiat tidak mengandung mudhorot apabila sudah beriman.
Ada lagi kelompok Jabariyah yang dipelopori Jahm bin sofyan yang berfatwa bahwa manusia tidak mempunyai kekuatan untuk berbuat sesuatu, semua usaha, ikhtiar dan perbuatan manusia pada hakekatnya bukan kemampuan manusia tetapi merupakan Perbuatan Tuhan.
Pada awal abad ke- 11 muncul golongan Mu’tazillah dipimpin oleh Washil bin Atho’ yang menempatkan akal diatas segala – galanya melebihi Al – qur’an dan Hadist, mereka tidak mempercayai adanya peristiwa mi;roj, siksa kubur, dll karena dianggap tidak masuk akal.
Beberapa firqoh sebagaimana contoh tersebut adalah tumbuh dan berkembang sebenarnya karena persoalan politik.
Pada saat – saat demikian itulah, maka ajaran Ahlu Sunnah Wal Jama’ah yang pada hakekatnya ajaran yang dipraktekkan oleh Nabi Muhammad SAW dan para shabatnya dipopulerkan kembali dan disistimatikan oleh Imam Abu Hasan al Asy’ary (873 – 935 M) dan Imam Abu Mansur al Maturidy dalam bidang Aqidah, oleh Imam Hanafi, Imam Maliki, Imam syafi’I dan Imam Hambali, dalam bidang syari’ah oleh Imam Junaid al Bagdadi dan Imam Al Ghozali dalam bidang Akhlaq/tasawwuf

D.   Sejarah kelahiran aswaja dan perkembangannya di Indonesia
Tentang aswaja di Indonesia menggambarkan sesuatu yang kompleks dan rumit. Karena Aswaja sendiri sebagai nilai yang dianggap sebagaian besar kalangan muslim adalah representasi yang sah dari nilai-nilai yang diajarkan oleh Nabi memilki sejarah yang demikian panjang dan komplek, selain itu watak kultur masyarakat yang membentuk Aswaja memiliki perbedaan yang mencolok dengan watak dasar kultur Indonesia.
Lalu kapan Islam masuk ke Indonesia?, masih banyak pertanyaan besar bagi para sejarahwan. Namun mayoritas mereka menyimpulkan bahwa islam masuk ke Indonesia setelah abad 14 M. Islam masuk diinonesia melalui gerakan kultural perdagangan yang dilakukan oleh muslimin dari daerah wilayah Islam India. Dengan demikian proses Islamisasi di Idonesia bersifat gradual dan bukan drastis dan serempak
Intinya perjalanan umum dan singkat Aswaja, dapat disimpulkan bahwa Aswaja dalam skala makro – sebagai ajaran – bukan hanya berkisar pada tataran ideologi skolastik tapi sebenarnya dalam cakupan yang lebih umum dan menyeluruh ia adalah sebuah nilai ajaran yang berkarakterisitik.
Adalah suatu yang benar dan nyata bahwa Aswaja yang ada didataran Arab, dimana Aswaja mengalami pematangan – pematangan gagasan, tidak berbeda dengan aswaja yang ada dan perkembangan Aswaja di Indonesia secara esensial. Namum dalam tataran praktis kecenderungan Aswaja mengalami perbedaan – perbedaan yang sangat unik dan berbeda dengan aswaja dimanapun di dunia ini. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kultur, dan kecenderungan emosional (psikologis) para penganut aswaja antara timur tengah dan Indonesia.


E.  PRINSIP SIKAP AHLU SUNNAH WAL JAMA’AH
Jadi Ahl al – Sunnah wa al-Jama'ah adalah merupakan ajaran yang mengikuti sem,ua yang telah dicontohkan Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Sebagai pembeda dengan yang lain, ada ciri khas kelompok ini, yakni sikap yang selalu diajarkan oleh Rosulullah SAW dan para sahabatnya. Prinsip tersebut adalah :

1.     At tawassuth ( sikap tengah – tengah, sedang-sdang, tidak ekstrim kiri ataupun ekstrim kanan yang diterapkan dalam berbagai bidang antara lain : aqidah, syariah, tasawwuf/akhlaq, musyawaroh/pergaulan antar golongan, kehidupan berbangsa/bernegara, kebudayaan, dakwah, dan bidang-bidang yang lain). Disarikan dari firman allah SWT  yang artinya :
" Dan demikianlah kami jadikan kamu sekalian ( umat Islam) umat pertengahan ( adil dan pilihan) agar kamu menjadi saksi ( ukuran penilaian) atas ( sikap dan perbuatan ) manusia umumnya dan supaya Allah SWAT menjadi saksi ( ukuran penilaian) atas ( sikap dan perbuatan) kamu sekalian." (QS. Al-Baqarah,153)
           
2.    Al – Tawazun ( seimbang dalam segala hal termasuk dalam penggunaan Dalil 'Aqli dan Dalil Naqli ). Firman Allah SWT yang artinya :
"sungguh kami telah mengutus rasul-rasul kami dengan membawa bukti kebenaran yang nyata dan telah kami turunkan bersama meraka al-kitab dan neraca (penimbang keadilan) supaya manusia dapat melaksanakan keadilan"
( QS. Al-Hadid, 25)

3.    Al-I'tidal ( tegak lurus ). Dalam al-Qur'an disebutkan yang artinya :
"Wahai orang-orang yang beriman hendaklah kamu sekalian menjadi orang-orang yang tegak membela (kebenaran) karena Allah menjadi saksi (pengukur kebenaran) yang adil. Dan janganlah kebencian kamu pada suatu kaum menjadikan kamu berlaku tidak adil. Berbuiat adillah karena keadilan itu lebih mendekatkan pada taqwa. Dan bertaqwalah kepada Allah, karena sesungguhnya Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." ( QS. Al-Maidah 9)

4.    Amar ma'ruf nahi Munkar ( perintah perbuatan bagus dan mencegah perbuatan jelek ) dalam Al-Qur'an disebutkan yang artinya sebagai berikut :
"Hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebaikan, menyuruh kepada perbuatan ma'ruf dan mencegah dari perbuatan mungkar" ( QS. Ali Imron, 104 )

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgw8130otbAINpsU31T6v7gzxitv3xRqxImCe7ysQ9QvHtxcWfEtFEMygqX5gvODOZ6DgG5hpOWQIvxH7DtCCRn2qU14Sczgj52S3b1nf00F1YsaMQ9hqLaR-xdP10FT86hcphbquVAKrWT/s320/600757_409024959188182_1652911732_n-1.jpg

Ke-IPNU/IPPNU-an
Pokok Bahasan :
1.     Latar belakang sejarah kelahiran IPNU
2.    Perjalanan IPNU – IPPNU dari masa ke masa
3.    Sejaran IPNU – IPPNU lokal
4.    PD/PRT (sifat, fungsi, azas, aqidah, tujuan organisasi, struktur organisasi, lambang organiasi
5.    Citra diri IPNU – IPPNU
6.    Hubungan IPNU – IPPNU dengan NU beserta banom – banomnya serta ormas lain.
Tujuan :
1.     Memahami latar belakang kelahiran dan perjalanan IPNU-IPPNU dari masa ke masa
2.    Memahami PD/PRT IPNU-IPPNU
3.    Memahami peran IPNU-IPPNU di masyarakat sebagai bagian dari organisasi pelajar dan bagian dari NU.

I.     PENDAHULUAN
Banyak ragam organisasi di Indonesia yang dapat untuk belajar dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa ini. Sebagai generasi muda kita perlu terjun salah satunya tentu saja yang sesuai dengan usia, selera dan keyakinan agama kita. Karena kita tahu keyakinan adalah dasar hidup, karena keyakinan hidup akan berlalu tanpa membuahkan perjuangan. Oleh karena itu untuk membuahkan suatu hal, kita lebih dahulu mengetahui segala sesuatu apa dan bagaimana hal tersebut, termasuk dengan IPNU dan IPPNU.

II.    LATAR BELAKANG BERDIRINYA  IPNU
Berdirinya suatu organisasi tentu didahului adanya sebab atau factor yang mendorong berdirinya suatu organisasi tersebut. Begitupula dengan IPNU-IPPNU banyak sekali yang mendorongnya, diantara yang melatar belakangi atau yang menjadi sebab berdirinya ada empat factor utama :
·         Faktor Ideologis, mayoritas penduduk Indonesia beragama islam yang berhaluan ahlussunnah wal jama’ah, maka perlu pelestarian dan pengamalan yang mutlak
·         Faktor Pedagogis, banyaknya organ organisasi yang bermunculan di daerah yang pada hakikatnya mempunyai visi, misi, program serta orientasinya yang sama dilingkungan Nahdlatul Ulama, sehingga perlu dipersatukan.
·         Faktor Sosiologis, karena adanya tujuan serta rasa kesadaran dan keihlasan akan pentingya suatu wadah pembinaan bagi generasi penerus untuk memperjuangkan cita-cita ulama dan bangsa Indonesia.
·         Faktor Politis, yaitu Nahdlatul Ulama sebagai partai politik, sehingga untuk memenangkan PEMILU pada tahun 1955 maka perlu wadah disemua tingkatan.

III.   SEJARAH BERDIRINYA IPNU – IPPNU
Dari keempat latar belakang tersebut, maka pada momen konferensi besar LP. Ma’arif NU atau tepatnya pada tanggal 20 Jumadil Akhir 1373 H./24 Februari 1954 M. di Semarang (Jawa Tengah) berdirilah IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) yang dirintis oleh Tholhah mansur, Abdul Ghoni Farida, M. Sufyan Kholil dan Mustahal Ahmad.
Kemudian selang satu tahun berikutnya berdirilah IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) pada tanggal 03 Maret 1955 di Solo yang dirintis oleh Umroh Tholhah Mansur, Zanifah dan Mahmudah.
Dari keempat latar belakang tersebut, maka pada momen konferensi besar LP. Ma’arif NU atau tepatnya pada tanggal 20 Jumadil Akhir 1373 H./24 Februari 1954 M. di Semarang (Jawa Tengah) berdirilah IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) yang dirintis oleh Tholhah mansur, Abdul Ghoni Farida, M. Sufyan Kholil dan Mustahal Ahmad.
Kemudian selang satu tahun berikutnya berdirilah IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) pada tanggal 03 Maret 1955 di Solo yang dirintis oleh Umroh Tholhah Mansur, Zanifah dan Mahmudah.

Perjalanan IPNU-IPPNU
l  Kongres I IPNU tanggal 28 Februari-3 Maret 1955 di Solo menghasilkan :
        Deklarasi berdirinya Ikatan pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU)
        Penataan pelajar sesuai dengan situasi
        Bersama LP. Ma’arif NU membina sekolah dan madrasah
        Mempersiapkan terbentuknya Cabang dan Wilayah
        Memilih ketua pertama
l  Kongres I IPPNU tanggal 16-19 Januari 1956 di Solo menghasilkan :
        Kebijakan bersama IPNU
        Memilih ketua pertama
l  Kongres II IPNU tanggal 1-4 Januari 1957 di Pekalongan menghasilkan :
        Pembentukan wilayah-wilayah
        Mengkaji keterkaitan dengan LP. Ma’arif NU
        Berpartisipasi dalam pembelaan negara
        Mempersiapkan departemen kemahasiswaan
        Tidak membenarkan integrasi IPNU-IPPNU menjadi satu wadah
        Ketua terpilih tetap seperti semula (Tholhah Mansur)
l  Kongres IPNU III IPPNU II tanggal 27-31 Desember 1958 menghasilkan :
        Mendirikan departemen perguruan tinggi
        Mempersiapkan pembentukan cabang-cabang
        Mempersiapkan pembentukan Corp Brigade Pembangunan
l  Kongres IPNU V IPPNU IV bulan Juli 1965 di Purwokerto menghasilkan :
        Deklarasi berdirinya Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII)
        Rekomendasi kepada pemerintah RI, mengusulkan agar KH. Hasyim Asyari sebagai pahlawan Nasional
        Terbentuknya Corp Brigade Pembangunan (CBP)
        Berkembangnya olahraga dan seni
l  Kongres IPNU VI IPPNU V tanggal 20-22 Agustus 1966 di Surabaya menghasilkan :
        Deklarasi IPNU-IPPNU sebagai Badan Otonom Nahdlatul Ulama
        Memindah pusat organisasi dari Yogyakarta ke Jakarta
        Berpartisipasi aktif dalam memberantas G 30 S PKI
l  Kongres IPNU IX IPPNU VIII tanggal 21-24 Juni 1981 di Cirebon menghasilkan :
        Menyatakan bahwa perkembangan IPNU-IPPNU semakin menurun karena berlakunya UU RI nomor 8/1985 tentang Ormas dan UU RI Nomor 5/1985 tentang Parpol dan Golkar.
l  Kongres IPNU X IPPNU IX tanggal 29-31 Januari 1988 menghasilkan :
        Penerimaan Pancasila sebagai asas tunggal organisasi.
        Deklarasi Perubahan nama IPNU (Ikatan Putra Nahdlatul Ulama) dan IPPNU (Ikatan Putri-Putri Nahdlatul Ulama)
l  Kongres IPNU XIII IPPNU XII bulan Maret 2000 di Makassar  menghasilkan :
        Mengembalikan IPNU-IPPNU ke basis pelajar dan santri
        Mengaktifkan kembali CBP (Corp Brigade Pembangunan)
l  Kongres IPNU XIV IPPNU XIII tanggal 18-24 Juni 2003 di Surabaya menghasilkan :
        Perubahan kembali akronim “P” menjadi “Pelajar” sehingga sehingga IPNU singkatan dari Ikatan pelajar nahdlatul Ulama dan IPPNU singkatan dari Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama.
        Ketua terpilih adalah rekan Mujtahidurridlo (IPNU) dan Rekanita Siti Soraya Devi (IPPNU).
        Terbentuknya Korp Kepanduan Putri bagi IPPNU
l  Kongres IPNU XV IPPNU XIV tanggal 09-12 Juli 2006 di Jakarta menghasilkan :
        Mempertegas MoU antara PP. IPNU-IPPNU dengan LP. Ma’arif NU tentang pendirian Pimpinan Komisariat di sekolah-sekolah secara structural.
        Merubah nama Citra Diri IPNU menjadi Prinsip Perjuangan IPNU (P2IPNU)
        Memilih Ketua Umum PP. IPNU yaitu rekan Idy Muzayyad dan Ketua Umum PP. IPPNU yaitu rekanita Wafa Patria Ummah.

IV.   DASAR, TUJUAN, SIFAT, dan FUNGSI
    1. DASAR
Organisasi IPNU-IPPNU berdasarkan Islam dan Ahlusunnah wal jama’ah serta menerima, mempertahankan Pancasila dan UUD 1945.
l  Azas, dalam kehidupan berbagsa dan bernegara IPNU-IPPNU berpedoman pada ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
l  Aqidah, IPNU-IPPNU beraqidah islam menurut faham ahlussunnah wal jama’ah dengan mengikuti salah satu madzhab 4 (Hanafi, Maliki, Syaf’I, Hambali).

2. TUJUAN
Tujuan IPNU adalah terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan serta bertanggungjawab atas tegak dan terlaksananya syari’at Islam menurut faham ahlussunnah wal jama’ah  yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar.
l  Usaha, Untuk mewujudkan tujuan tersebut, maka IPNU melaksanakan usaha-usaha:
          1. Menghimpun dan membina pelajar Nahdlatul 
              Ulama
              dalam satu wadah organisasi.
          2. Mempersiapkan kader-kader intelektual sebagai
              penerus perjuangan bangsa.
          3. Mengusahakan tercapainya tujuan organisasi
              dengan menyusun landasan program perjuangan
              sesuai dengan perkembangan masyarakat
              (maslahah al-ammah), guna terwujudnya khaira ummah
          4. Mengusahakan jalinan komunikasi dan kerjasama
              program dengan pihak lain selama tidak
              merugikan organisasi.

3.SIFAT
IPNU adalah organisasi yang bersifat keterpelajaran, kekaderan, kemasyarakatan, kebangsaan dan keagamaan.

4.  FUNGSI
IPNU-IPPNU berfungsi :
a.      Wadah perjuangan pelajar Nahdlatul Ulama dalam pendidikan dan kepelajaran.
b.     Wadah pengkaderan pelajar Nahdlatul Ulama untuk mempersiapkan kader-kader bangsa dan kepemimpinan Nahdlatul Ulama
c.      Wadah penguatan pelajar Nahdlatul Ulama dalam melaksanakan dan mengembangkan Islam ahlussunah wal-Jamaah untuk melanjutkan semangat, jiwa dan nilai-nilai nahdliyah
d.      Wadah komunikasi pelajar Nahdlatul Ulama untuk memperkokoh ukhuwah nahdliyah, islamiyah, insaniyah dan wathoniyah.

 V.   LAMBANG ORGANISASI






A.        IPNU
a)     Lambang organisasi IPNU yang berbentuk bulat, artinya kontinyu atau terus menerus
b)     Warna dasar hijau dilingkari warna kuning berarti kebenaran dan hikmah yang tinggi
c)     Warna putih suci, warna kuning di antara putih adalah hikmah dan cita-cita yang tinggi.
d)     Tiga titik diantara tulisan I.P.N.U adalah iman, islam dan ikhsan
e)     Uenam sirip yang mengapit huruf I.P.N.U adalah rukun iman
f)     Bintang adalah cita – cita
g)     Satu bintang besar adalah Nabi Muhammad SAW
h)     Empat bintang dikanan dan kiri adalah khulafaurrosyidin
i)      Emapat bintang dibawah adalah empat madzhab
j)      Dua kitab adalah Al – qur’an dan Hadist
k)     Bulu angsa adalah pena (ilmu), bulu bersilang adalah ilmu agama dan umum
l)       Sudut bintang lima adalah rukun islam 


B.        IPPNU
 





a)     Lambing organisasi berbentuk segitiga adalah iman dan ikhsan, dua garis tepi dua kalimah syahadat
b)     Warna dasar hijau adalah kebenaran, putih adalah kesucian, kuning adalah hikmah yang tinggi
c)     Bintang Sembilan : satu bintang besar adalah Nabi Muhammad SAW, empat bintang kanan kiri adalah khulafaurrosyidin, empat bintang bawah kanan kiri adalah empat madzhab
d)     Dua kitab adalah Al qur’an dan hadist
e)     Bulu ayam bersilang adalah aktif menuntut ilmu baik umum maupun agama serta rajin membaca atau menulis
f)     Dua kuntum melat warna putih adalah perpadua antara agama dan umum
g)     Lima titik antara tulisan IPPNU adalah rukun islam

VI.   STRUKTUR ORGANISASI
l  Pimpinan Pusat untuk tingkat nasional, disingkat PP.
l  Pimpinan Wilayah untuk tingkat propinsi, disingkat PW.
l  Pimpinan Cabang untuk tingkat kabupaten/kota atau daerah yang disamakan dengan kabupaten/kota, disingkat PC.
l  Pimpinan Cabang Istimewa untuk luar negeri, disingkat PCI.
l  Pimpinan Anak Cabang untuk tingkat kecamatan, disingkat PAC.
l  Pimpinan Ranting untuk tingkat desa atau kelurahan dan sejenisnya, disingkat PR serta
l  Pimpinan Komisariat untuk lembaga pendidikan, disingkat PK.

VII.   PERMUSYAWARATAN
l  Permusyawaratan IPNU untuk tingkat nasional, terdiri dari : (Kongres, Kongres Luar Biasa, Rapat Kerja Nasional)
l  Permusyawaratan IPNU untuk tingkat propinsi, terdiri dari: (Konferensi Wilayah, Konferensi Wilayah Luar Biasa, Rapat Kerja Wilayah)
l  Permusyawaratan IPNU untuk tingkat kabupaten/kota atau daerah yang disamakan dengan kabupaten/kota, terdiri dari: (Konferensi Cabang, Konferensi Cabang Luar Biasa, Rapat Kerja Cabang)
l  Permusyawaratan IPNU untuk tingkat kecamatan, terdiri dari: (Konferensi Anak Cabang, Konferensi Anak Cabang Luar Biasa, Rapat Kerja Anak Cabang)
l  Permusyawaratan IPNU untuk tingkat desa/kelurahan atau sejenisnya dan lembaga pendidikan terdiri dari: (Rapat Anggota, Rapat Anggota Luar Biasa, Rapat Kerja Anggota)





KEORGANISASIAN
       Pokok Bahasan :
1.     pengertian organisasi
2.    fungsi organisasi
3.    jenis – jenis organisasi
4.    unsur – unsur organisasi
5.    manajemen kepanitiaan

       Tujuan :
1.     memahami pengertian dan fungsi organisasi
2.    memahami jenis – jenis organisasi
3.    memahami tentang kepanitiaan



I.   PENGERTIAN ORGANISASI

Organisasi adalah proses kerja sejumlah manusaia yang terikat dalam hubungan formal rangka nierachi untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan (Dr. Sarwoto, Dasar – dasar Organisasi dan Manajemen).
Organisasi adalah wadah sekumpulan orang yang menggabungkan diri dengan tujuan tertentu (HM. Tayor dan AG. Mears)
Organisasi adalah tata hubungan antara orang-orang untuk dapat memungkinkan tercapainya tujuan kerjasama dengan adanya pembagian tugas dan tanggung jawab (John M. Gains, Organisasi Suatu pengantar)
Dari pengertian diatas maka organisasi dapat ditinjau dari dua sorotan :
1.      Organisasi sebagai wada, dimana kegiatan adminstrasi dilaksanakan sehingga bersifat statis atau seperti benda mati
2.     Organisasi sebagai hal yang hidup, manakala kita menyaksikan bahwa organisasi dapat memprotes tindakan sewenang – wenang dari seorang oknum, organisasi dapat merovolusi, mendukung dan tidak menyetujui dari suatu kebijakan/kebijaksanaan.

II.   UNSUR – UNSUR ORGANISASI
1.                   PD dan PRT (Peraturan dasar dan peraturan rumah tangga)
2.                  Personil Organisasi
3.                  Struktur Organisasi
4.                  Program kerja
5.                  Pembagian kerja
6.                  Permusyawaratan

III.   MACAM – MACAM ORGANISASI
Berdasarkan unsur – unsur organisasi dapat dibedakan sebagai berikut :
1.   Organisasi kemasiswaan   : Ekstra dan Intra Kampus
2.  Organisasi profesi           : Parfi, IKADIN, PWI, IDI
3.  Organisasi Minat             : Persebaya, Mitra dll
4.  Organisasi Politik            : PKB, PDI-P, PAN, GOLKAR dll
5.  Organisasi Keagamaan      : NU, IPNU/IPPNU, Muhammadiyah dll
6.  Organisasi Sosial             : LSM, YDGR dll.

IV.    TIMBULNYA ORGANISASI
1.                         Spontan
2.                        Diprakarsai
3.                        Dibentuk oleh organisasi yang telah ada
4.                        Penggabungan dan pemisahan organisasi yang ada

 V.   PENUTUP
Bagaimanapun juga keberhasilan suatu organisasi terletak pada kerjasama yang baik dan kejelasan program serta tujuan organisasi tersebut. Untuk itu beberapa cirri yang baik dari suatu organisasi antara lain :
1.   Terdapat tujuan yang jelas
2.  Tujuan organisasi harus dipahami dan diterima oleh setiap orang yang ada didalam organisasi tersebut.
3.  Adanya kesatuan arah (unity Of Direction)
4.  Adanya satuan perintah (Unity of command)
5.  Adanya pembagian tugas (Job Diskription)
6.  Adanya keseimbangan antara wewenang dan tanggung jawab
7.  Penempatan orang sesuai dengan ahlinya



KEPEMIMPINAN

       Pokok Bahasan :
1.     Pengertian kepemimpinan
2.    Macam – macam kepemimpinan
       Tujuan :
1.     Memahami pengertian kepemimpinan
2.    Memahami macam – macam kepemimpinan


I.   MUQODDIMAH
Secara etimologi Leadership berasal dari bahasa Inggris yang artinya pemimpin atau kepemimpinan. Adapaun secara termilogi dapat dirumuskan sebagai berikut : Kepemimpinan adalah kemampuan atau kesiapan yang dimiliki oleh seseorang yang dapat mempengaruhi, mendorong, mengajak, menuntun, menggerakkan dan kalau perlu memaksa orang lain agar ia menerima pengaruh tersebut, selanjutnya berbuat sesuatu yang dapat membantu pencapaian suatu maksud dan tujuan.


II.PEGANGAN WAJIB BAGI PEMIMPIN UMAT

Sebagai seorang kader muslim, sudah selayaknya kembali bercermin kepada sifat-sifat Rosululloh SAW yaitu :
1. Shidiq            :  Benar dalam keyakinan, ucapan dan tindakan
2.Amanah                    :  Terpercaya dalam keyakinan, ucapan, dan tindakan
3.Tabligh          : Penyampaian wahyu, Idiologi organisasi, ide pribadi, maupun dari orang lain
4. Fathonah       : Cerdas dan peka atau cepat tanggap terhadap problema yang terjadi dalam masyarakat

III.    TIMBULNYA PEMIMPIN

Ada beberapa alternative tentang timbulnya seorang yang menjadi pemimpin antara lain :

1. Teori Genetika : Seorang pemimpin yang lahir sebab karena keturunan, ia ditaqdirkan menjadi pemimpin dalam situasi yang bagaimanapun
2.Teori Sosial             : Seorang pemimpin yang lahir karena disiapkan melalui proses  pendidikan, meskipun orang tersebut kurang berbakat menjadi pemimpin
3.Teori Ekologi        : Seorang pemimpin yang lahir dan sudah mempunyai bakat terus dikembangkan melalui proses pendidikan dan pengalaman dan pengaruh lingkungan ia berada

IV.            TIPE KEPEMIMPINAN

1.   Karismatik yaitu pemimpin yang mempunyai daya tarik dan wibawa alamiah yang sangat tinggi, biasa dimiliki oleh orang yang sangat alim lagi sholeh, meskipun orang tersebut sangat mudah melimpahkan pengaruh kepada orang lain.
2.  Otokratrik yaitu pemimpin yang tidak dapat mendengarkan kritik, pendapat atau saran dari orang lain atau bawahannya, dalam mencapai tujuan sesuaikan dengan keinginannya sendiri atau pribadi, sehingga pendekatan pada bawahannya dengan cara paksaan.
3.  Liberal yaitu pemimpin yang tidak tahu menahu dengan persoalan bawahannya dan membiarkan bawahannya mencari masalah dan pemecahan sendiri.
4.  Demokratik yaitu kekuasaan sepenuhnya pada anggota, segala keputusan berdasarkan musyawaroh bersama dengan anggotanya pemimpin mencari masalah dan pemecahnnya.

V.  SIFAT – SIFAT PEMIMPIN YANG BAIK

1.     Niat hikmah kepada Alloh SWT dan organisasi
2.    Adil, setia dan ikhlas berkorban serta pantang  menyerah
3.    Penuh energi dan inisiatif juga gemar beraktifitas
4.    Tidak emosional, simpatik, sopan dan fleksibel
5.    Cakap, banyak akal, terampil, komunikatif dan terbuka
6.    Mengindahkan pendapat umum dan selalu dalam posisi menyerang
7.    Tidak mudah menunda pekerjaan dan selalu siap mental untuk jatuh dan tumbuh kembali
8.    Taqwa kepada Alloh SWT

VI. FUNGSI PEMIMPIN

Fungsi pemimpin yaitu pelopor dan penanggung jawab, idiologi dan planner, bapak dan ibu atau orang tua dan simbol group, contoh dan pendukung konsepsi, pengarah dan penggerak, wakil dari anggota dan pengembang imajinasi


VII.   SIKAP KEMASYARAKATAN SEORANG PEMIMPIN

1.   Tawasuth dan I’tidal
Sikap tengah dan berintikan pada prinsipn hidup yang menjunjung tinggi keharusan berlaku adil dan luas ditengah-tengah kehidupan bersama, dengan sikap dasar ini akan menjadi kelompok, panutanyang bersikap dan bertindak lurus serta selalu bersifat membangun.

2.   Tasammuh
Sikap toleran terhadap perbedaan baik dalam masalah keagamaan, terutama masalah masalah yang bersifat furu’ atau menjadi masalah khilafiyah, serta dalam masalah kemasyarakatan dan kebudayaan.

3.   Tawazun
Bersikap berimbang dan berhikmah, menyerasikan hikmah kepada Alloh SWT, khikmah kepada manusia, serta lingkungan hidupnya, menyelaraskan kepentingan masa lalu, masa kini dan masa mendatang.

4.   Amar Ma’ruf Nahi Munkar
Selalu memiliki kepekaan untuk mendorong perbuatan yang baik, berguna dan bermanfaat bagi kehidupan bersama, serta menolak dan mencegah semua hal-hal yang dapat menjerumuskan dan merendahkan nilai – nilai kehidupan.

















Rounded Rectangle: MARS IPNU
Birama : 2 / 4
Wahai pelajar Indonesia
Siapkanlah barisanmu
Bertekat bulat bersatu
Dibawah kibaran panji IPNU

Ayo hai pelajar Islam yang setia
Kembangkanlah agamamu
Dalam negara Indonesia
Tanah air yang kucinta

Dengan berpedomana kita belajar
Berjuang serta bertaqwa
Kita bina watak nusa dan bangsa
Tuk kejayaan masa depan

Bersatu wahai pelajar Islam yang jaya
Tunaikanlah keajiban yang mulia
Ayo maju pantang mundur
Dengan rahmat tuhan kita perjuangkan

Ayo maju pantang mundur
Pasti tercapai adil makmur



Rounded Rectangle: MARS IPPNU
Birama : 3 / 4
Sirnalah gelap terbitlah terang
Mentari timur sudah bercahya
Ayunkan langkah pukul genderang
Segala rintangan mundur semua

Tiada laut sedalam iman
Tiada gunung setinggi cita
Sujud kepala kepada Tuhan
Tegak kepala lawan derita

Dimalam yang sepi dipagi yang terang
Hatiku teguh bagimu ikatan
Dimalam yang hening dihati membakar
Hatiku penuh bagimu pertiwi

Mekar seribu bunga ditanam
Mekar cintaku pada ikatan
Ilmu kucari amal kuberi
Untuk agama bangsa negeri









Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Proposal Mata Pelajaran Kewirausahaan SMK

MAKALAH TAWADHU DAN TAKWA